MAKALAH
Sejarah
Matematika
al-Khawarizmi
Kelompok
7
Novia
Indah sari
Rahmawati
Rika
Purnama Wulan
Pendidikan
Matematika 3B
Dosen
Pembimbing
Mira
Amelia Amri, M.Pd
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
YAYASAN
DHARMA BAKTI LUBUK ALUNG
2013
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena
atas berkat dan rahmat-Nyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang
berjudul “Tokoh terkemuka matematik yaitu al-Khawarizmi”Salam dan salawat
kepada junjungan Nabi Muhammad SAW yang merupakan tauladan bagi kaum muslimin
dimuka bumi ini. Walaupun berbagai macam tantangan yang dihadapi, tapi semua
itu telah memberikan pengalaman yang berharga untuk dijadikan pelajaran dimasa
yang akan datang.
Tugas makalah ini disusun untuk memenuhi persyaratan guna
memperoleh nilai tambah dalam Pembelajaran Sejarah Matematika Sekolah Tinggi
Ilmu dan Keguruan Yasasan Darma Bakti Lubuk Alung.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini banyak memperoleh bantuan dari berbagai pihak berupa petunjuk, bimbingan maupun dorongan moril dan materil, untuk itu pada kesempatan ini dengan segala kerendahan hati penulis hanturkan terima kasih kepada:
1. Ibu Mira Amelia Amri,M.Pd selaku pembimbing penulis yang telah banyak memberikan bimbingan dalam penyusunan hingga selesainya makalah ini.
2.Kedua orang tua penulis tercinta yang telah melahirkan, membesarkan, dan tak henti-hentinya mencurahkan kasih sayangnya kepada penulis dalam menempuh jenjang pendidikan.
3.
Seluruh rekan-rekan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika khususnya
teman-teman angkatan 2011 yang selalu memberikan motivasi dan bantuan dalam
penyelesaian makalah ini. Semoga Allah SWT memberikan balasan atas kebaikan dan
bantuan Bapak, Ibu serta rekan-rekan sekalian. Amin.
Penulis menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran pembaca yang sifatnya membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan tugas ini.
Sungai sarik, 1 Januari 2013
Penulis
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar i
Daftar Isi ii
BAB I. PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang 1
B.
Rumusan
Masalah 2
C.
Tujuan
Penulisan Makalah 2
BAB II. PEMBAHASAN
1.
Latar
belakang al-Khawarizmi 3
2.
Pendidikan 5
3.
Sumbangan
dan Peranan al-Khawarizmi 6
4. Hasil karya al-Khawarizmi 10
5.
Ketokohan al-Khawarizmi 11
6.
Kepribadian
al-hawarizmi
7.
Strategi
Pengislaman Sains Matematik
8.
Cabang
matematik
BAB III. PENUTUP
A.
Kesimpulan
12
B.
Saran
13
Daftar Pustaka 14
BAB I
PENDAHULUAN
Latar belakang penulis menulis makalah ini dikarenakan penulis ingin mngetahui siapa al-khawarizmi itu,perananan dan sumbangannya dalam matematika.Selain itu sedikitnya para siswa,masiswa tahu rentang perkembangan matematika arab terutama tentang tokoh al-Khawarizi.Sangat disayangkan jika kita tidak mengetahui siapa al-Khawarizmi sedangkan penemuannya kita pakai dan kita terapkan dalam pelajaran matematika dan kehidupan sehari-hari.
B.Rumusan masalah
Berhubungan dengan latar belakang di atas,yang menjadi rumusan masalah dalam maklah ini adalah:
1.Siapakah al-Khawarizmi itu?
2.Apa-apa saja peranan dan sumbangan al-Khawarizmi?
3.Seperti apa Sains Pengislaman Matematika al-Khawarizmi?
4Bagaimana cabang matematika al-Khawarizmi?
C.Tujuan penulisan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetehui siapa al-Khawarizmi,apa-apa saja sumbangannya dalam matematika,strategi pembelajarannya seperti apa,serta cabang-cabang matematikanya.
D.Sistematika penulisan
Makalah ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Pertama: Pendahuluan, meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah dan sistimatika uraian. Kedua: Isi atau bagian teori dan hasil meliputi latar belakang al-Khawarizmi,pendidikan,sumbangannya,hasil karyanya,kepribadiannya,strategi pengislaman matematik,dan cabang matematika.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.LATAR BELAKANG
TOKOH
Nama
sebenarya al-Khawarizmi ialah Muhammad Ibn Musa al-khawarizmi. Selain itu
beliau dikenali sebagai Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Yusoff. Al-Khawarizmi telah dikanali di Barat sebagai
al-Khawarizmi, al-Cowarizmi, al-Ahawizmi, al-Karismi, al-Goritmi, al-Gorismi
dan beberapa cara ejaan lagi.
Beliau
telah dilahirkan di Bukhara. Pada
tahun 780-850M adalah zaman kegemilangan al-Khawarizmi. al-Khawarizmi telah wafat antara tahun 220
dan 230M. Ada yang mengatakan
al-Khawarizmi hidup sekitar awal pertengahan abad ke-9M. Sumber lain menegaskan beliau di Khawarism,
Usbekistan pada tahun 194H/780M dan meninggal tahun 266H/850M di Baghdad.
B.PENDIDIKAN
Dalam
pendidikan telah dibuktikan bahawa al-Khawarizmi ialah seorang tokoh Islam yang
berpengetahuan luas. Pengetahuan dan
kemahiran beliau bukan sahaja meliputi bidang syariat tapidi dalam bidang
falsafah, logik, aritmetik, geometri, muzik, kejuruteraan, sejarah Islam dan
kimia.
Al-Khawarizmi
sebagai guru aljabar di Eropah. Beliau
telah menciptakan pemakaian Secans dan Tangens dalam penyelidikan trigonometri
dan astronomi. Dalam usia muda beliau
bekerja di bawah pemerintahan Khalifah al-Ma’mun, bekerja di Bayt
al-Hikmah di Baghdad.
Beliau bekerja dalam
sebuah observatory iaitu tempat menekuni belajar matematik dan astronomi.
Al-Khawarizmi juga dipercayai memimpin perpustakaan khalifah. Beliau pernah memperkenalkan angka-angka
India dan cara-cara perhitungan India pada dunia Islam. Beliau juga merupakan seorang penulis
Ensiklopedia Pelbagai Disiplin.
Al-Khawarizmi
adalah seorang tokoh yang mula-mula memperkenalkan aljabar dan hisab. Banyak lagi ilmu pengetahuan yang beliau
pelajari dalam bidang matematik dan menghasilkan konsep-konsep matematik yang
begitu popular sehingga digunakan pada zaman sekarang.
C.PERANAN DAN SUMBANGAN AL-KHAWARIZMI
a.Gelaran Al-Khawarizmi
Gelaran Al-Khawarizmi yang dikenali di Barat
ialah al-Khawarizmi, al-Cowarizmi, al-karismi, al-Goritmi atau al-Gorism. Nama al-gorism telah dikenali pada
abad pertengahan. Negara Perancis pula
al-Gorism muncul sebagai Augryam atau
Angrism. Negara Inggeris pula ia
dikenali sebagai Aurym atau Augrim.
b.Sumbangan Al-Khawarizmi Melalui Karya
Sumbangan hasil karya beliau sendiri, antaranya ialah :
- Al-Jabr wa’l Muqabalah : beliau
telah mencipta pemakaian secans dan tangens dalam penyelidikan
trigonometri dan astronomi.
- Hisab al-Jabr wa al-Muqabalah : Beliau
telah mengajukan contoh-contoh persoalan matematik dan telah mengemukakan
800 buah soalan yang sebahagian daripadanya merupakan persoalan yamng
dikemukakan oleh Neo. Babylian dalam bentuk dugaan yang telah dibuktikan
kebenarannya oleh al-Khawarizmi.
- Sistem Nombor : Beliau
telah memperkenalkan konsep sifat dan ia penting dalam sistem nombor pada
zaman sekarang.
Ini
adalah contoh-contoh sebahagian beliau yang telah dihasilkan dalam penulisan
karya dan ia telah menjadi popular serta dipelajari oleh semua masyarakat yang
hidup di dunia ini.
D.Hasil Karya Al-Khawarizmi
Sepertimana yang telah kita ketahui,
Al-Khawarizmi dapat menghasilkan karya-karya agong dalam bidang matamatik. Hasil karya tersebut terkenal pada zaman
tamadun Islam dan dikenali di Barat.
Antara hasil karya yang telah beliau hasilkan
ialah :
- Sistem
Nombor
: ia telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin iaitu De Numero Indorum.
- ‘Mufatih
al-Ulum’
: yang bermaksud beliau adalah pencinta ilmu dalam pelbagai bidang.
- Al-Jami
wa al-Tafsir bi Hisab al-Hind : Karya ini telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Latin
oleh Prince Boniopagri.
- Al-Mukhtasar Fi Hisab al-Jabr wa al-Muqabalah : Pada
tahun 820M dan ia mengenai algebra.
- Al-Amal bi’ Usturlab’
- Al-Tarikh
- Al-Maqala Fi Hisab al-Jabr wa al-Muqabilah.
E.Ketokohan al-Khawarizmi
Setiap tokoh mempunyai sifat ketokohannya
yang tersendiri. Ketokohan al-Khawarizmi
dapat dilihat dari dua sudut iaitu dari bidang matematik dan astronomi. Namun bidang matematik akan diperjelaskan
secara terperinci berbanding astronomi kerana ia melibatkan kajian yang dikaji.
Dalam
bidang matematik, al-Khawarizmi telah memperkenalkan aljabar dan hisab. Beliau banyak menghasilkan karya-karya yang
masyhor ketika zaman tamadun Islam.
Antara karya-karya yang beliau
hasilkan ialah ‘Mafatih al-Ulum’.
Sistem nombor adalah salah satu sumbangan dan telah digunakan pada zaman
tamadun Islam.
Banyak
kaedah yang diperkenalkan dalam setiap karya yang dihasilkan. Antaranya ialah kos, sin dan tan dalam
trigonometri penyelesaian persamaan, teorem segitiga sama juga segitiga sama
kaki dan mengira luas segitiga, segi empat selari dan bulatan dalam
geometri. Masaalah pecahan dan sifat
nombor perdana dan teori nombor juga diperkenalkan. Banyak lagi konsep dalam matematik yang telah
diperkenalkan al-khawarizmi sendiri.
Bidang
astronomi juga membuatkan al-Khawarizmi dikenali pada zaman tamadun Islam. Astronomi dapat ditakrifkan sebagai ilmu falaq
[pengetahuan tentang bintang-bintang yang melibatkan kajian tentang kedudukan,
pergerakan, dan pemikiran serta tafsiran yang berkaitan dengan bintang].
Seawal
kurun ketiga lagi lagi, al-Khawarizmi telah menghasilkan dua buah yang salah
satu daripadanyatelah diterjemahkan ke Bahasa Latin dan memberi pengaruh besar
ke atas Muslim dan orangSpanyol dan Kristian.
Penggunaan
matematik dalam astronomi sebelum tamadun Islam amat sedikit dan terhad. Ini disebabkan oleh kemunduran pengetahuan
matematik yang terhad kepada pengguna aritmetik dan geometri sahaja.
F.Kepribadian al-Khawarizmi
Keperibadian al-Khawarizmi telah diakui oleh
orang Islam dan juga Barat.
Al-Khawarizmi telah dianggap sebagai sarjana matematik yang masyhur oleh
orang Islam dan ia diperakui oleh orang Barat.
Ini dapat dibuktikan bahawa G.Sartonmengatakan “pencapaian-pencapaian
yang tertinggi telah doperolehi oleh orang-orang Timur....” Maka temasuklah al-Khawarizmi itu
sendiri.
Al-Khawarizmi
patu disanjungi kerana beliau adalah seorang yang pintar. Menurut Wiedmann pula
berkata....’ al-Khawarizmi mempunyai personaliti yang teguh dan seorang yang
bergeliga sains’. Setiap apa yang
dinyatakan oleh penulis, ini telah terbukti bahawa al-Khawarizmi mempunyai
sifat keperibadian yang tinggi dan sekaligus disanjung oleh orang Islam.
G.Strategi Pengislaman Sains Matematik
Pengislaman sains matematik seharusnya
berlandaskan dengan beberapa perkara iaitu, ia hendaklah berlandaskan tauhid,
syariah dan akhlak. Ini kerana ia perlu
bagi tokoh-tokoh yanh beragama Islam supaya melaksanakan setiap pekerjaan atau
tugasan yang mengikut undang-undang Islam.
- Tauhid
Tauhid merupakan landasan falsafah matematik Islam sepertimana
dengan ilmu-ilmu Islam yang lain.
Mengikut matlamat Islam, semuanya
Ayyatullah [tanda-tanda Allah iaitu symbol kebesaran, kewujudan dan keEsaan
Tuhan. Ungkapan yang wujud sewajarnya
mencorakkan kegiatan matematik. Setiap
falsafah dan epistemology sains matematik kita tidak harus diterima bulat-bulat
tanpa syarat.
- Syariah
Berasaskan kepada undang-undang yang
mengenali tindak tanduk masyarakat.
Keharmonian dan tanggungjawab kepada umat dan hak diri. Dari sudut ini, ahli matematik Islam yang
cuba menyelesaikan masaalah yang melibatkan perbuatan hukum syariah seperti
judi, riba dan mencabar kebenaran hakiki daripada agama samawi untuk
memperkukuhkan lagi Institusi. Oleh itu,
matematik Islam hendaklah berkembang selari dengan keperluan manusia dan
perkembangan ini juga harus di dalam sudut syariah.
- Akhlak
Ciri-ciri akhlak mulia hendaklah disemaikan
kedalam matematik dan juga ia perlu dimasukkan kedalam ilmu-ilmu Islam yang
lain agar manusia dapat menerapkan nilai murni.
Ilmu yang dipelajari contahnya akhlak yang terdapat dalam bidang
matematik ini adalah penemuan aljabar yang melambangkan keadilan. Ini kerana keadilan itu dituntut oleh agama
Islam itu sendiri. Melalui asas pradigma
tauhid dan sya’iyah itu dapat memperkukuhkan lagi pembinaan akhlak.
H. Cabang Matematik
Antara cabang yang diperkanalkan oleh
al-Khawarizmi seperti geometri, algebra, aritmetik dan lain-lain.
a.Geometri
Ia merupakan cabang kedua dalam
matematik. Isi kandungan yang
diperbincangkan dalam cabang kedua ini ialah asal-usul geometri dan rujukan
utamanya ialah Kitab al-Ustugusat[The Elements] hasil karya Euklid :
geometri dari segi bahasa berasal daripada perkataan yunani iaitu ‘geo’ bererti
bumi dan ‘metri’ bererti sukatan.
Dari segi ilmunya pula geometri itu adalah ilmu yang mengkaji hal yang
berhubung dengan magnitud dan sifat-sifat ruang. Geometri ini mula dipelajari sejak zaman
firaun [2000SM]. Kemudian Thales Miletus
memperkenalkan geometri Mesir kepada Grik sebagai satu sains dedukasi dalam
kurun ke-6 SM. Seterusnya sarjana Islam
telah mengemaskanikan kaedah sains dedukasi ini terutamanya pada abad ke-9 M.
b.Algebra/aljabar
Ia merupakan nadi untuk matematik
algebra. Al-Khawarizmi telah
diterjemahkan oleh Gerhard of Gremano dan Robert of Chaster ke dalam bahasa
Eropah pada abad ke-12. sebelum
munculnya karya yang berjudul ‘Hisab al-Jibra wa al Muqabalah yang ditulis oleh
al-Khawarizmi pada tahun 820M. Sebelum
ini tak ada istilah aljabar.
1.Buku I – Aljabar
al-Kitāb al-mukhtaṣar
fī ḥisāb al-jabr wa-l-muqābala
(Arab: الكتاب المختصر في حساب الجبر والمقابلة Buku Rangkuman Kalkulasi
dengan Melengkapkan dan Menyeimbangkan) adalah buku matematika yang ditulis
tahun 830.
Buku tersebut merangkum definisi aljabar. Buku ini diterjemahkan ke dalam Bahasa Latin berjudul Liber algebrae et almucabala oleh Robert of Chester (Segovia, 1145) dan juga oleh Gerard of Cremona.
Metode beliau dalam menyelesaikan linear dan notasi kuadrat dilakukan dengan meredusi notasi ke dalam 6 bentuk standar (dimana b dan c adalah angka positif)
Buku tersebut merangkum definisi aljabar. Buku ini diterjemahkan ke dalam Bahasa Latin berjudul Liber algebrae et almucabala oleh Robert of Chester (Segovia, 1145) dan juga oleh Gerard of Cremona.
Metode beliau dalam menyelesaikan linear dan notasi kuadrat dilakukan dengan meredusi notasi ke dalam 6 bentuk standar (dimana b dan c adalah angka positif)
- Angka ekual
kuadrat (ax2 = c)
- Angka ekual
akar (bx = c)
- Kuadrat dan
akar ekual (ax2 + bx = c)
- Kuadrat dan
angka akar ekual (ax2 + c = bx)
- Akar dan
angka kuadrat ekual (bx + c = ax2)
- Kuadrat
ekual akar (ax2 = bx)
Dengan
membagi koefisien dari kuadrat dan menggunakan dua operasi aljabar (Arab: الجبر
penyimpanan atau melengkapkan) dan al-muqābala (menyeimbangkan).
Aljabar adalah proses memindahkan unit negatif, akar dan kuadrat dari notasi
dengan menggunakan nilai yang sama di kedua sisi. Contohnya, x2
= 40x - 4x2 disederhanakan menjadi 5x2
= 40x. Al-muqābala adalah proses memberikan kuantitas dari tipe yang
sama ke sisi notasi. Contohnya, x2 + 14 = x + 5
disederhanakan ke x2 + 9 = x.
Beberapa pengarang telah menerbitkan tulisan dengan nama Kitāb al-ǧabr wa-l-muqābala, termasuk Abū Ḥanīfa al-Dīnawarī, Abū Kāmil (Rasāla fi al-ǧabr wa-al-muqābala), Abū Muḥammad al-‘Adlī, Abū Yūsuf al-Miṣṣīṣī, Ibnu Turk, Sind bin ‘Alī, Sahl bin Bišr, dan Šarafaddīn al-Ṭūsī.
2.Buku 2 - Dixit
algorizmi
Buku kedua besar beliau
adalah tentang aritmatika, yang bertahan dalam Bahasa Latin, tapi hilang dari
Bahasa Arab yang aslinya. Translasi dilakukan pada abad ke-12 oleh Adelard of
Bath, yang juga menerjemahkan tabel astronomi pada 1126.
Pada manuskrip Latin,biasanya tak bernama,tetapi umumnya dimulai dengan kata: Dixit algorizmi ("Seperti kata al-Khawārizmī"), atau Algoritmi de numero Indorum ("al-Kahwārizmī pada angka kesenian Hindu"), sebuah nama baru di berikan pada hasil kerja beliau oleh Baldassarre Boncompagni pada 1857. Kitab aslinya mungkin bernama Kitāb al-Jam’a wa-l-tafrīq bi-ḥisāb al-Hind ("Buku Penjumlahan dan Pengurangan berdasarkan Kalkulasi Hindu")
Pada manuskrip Latin,biasanya tak bernama,tetapi umumnya dimulai dengan kata: Dixit algorizmi ("Seperti kata al-Khawārizmī"), atau Algoritmi de numero Indorum ("al-Kahwārizmī pada angka kesenian Hindu"), sebuah nama baru di berikan pada hasil kerja beliau oleh Baldassarre Boncompagni pada 1857. Kitab aslinya mungkin bernama Kitāb al-Jam’a wa-l-tafrīq bi-ḥisāb al-Hind ("Buku Penjumlahan dan Pengurangan berdasarkan Kalkulasi Hindu")
3.Buku 3 - Rekonstruksi
Planetarium
Peta abad ke-15
berdasarkan Ptolemeus sebagai perbandingan.
Buku ketiga beliau yang terkenal adalah Kitāb ṣūrat al-Arḍ (Bhs.Arab: كتاب صورة الأرض "Buku Pemandangan Dunia" atau "Kenampakan Bumi" diterjemahkan oleh Geography), yang selesai pada 833 adalah revisi dan penyempurnaan Geografi Ptolemeus, terdiri dari daftar 2402 koordinat dari kota-kota dan tempat geografis lainnya mengikuti perkembangan umum.
Buku ketiga beliau yang terkenal adalah Kitāb ṣūrat al-Arḍ (Bhs.Arab: كتاب صورة الأرض "Buku Pemandangan Dunia" atau "Kenampakan Bumi" diterjemahkan oleh Geography), yang selesai pada 833 adalah revisi dan penyempurnaan Geografi Ptolemeus, terdiri dari daftar 2402 koordinat dari kota-kota dan tempat geografis lainnya mengikuti perkembangan umum.
Hanya ada satu kopi dari Kitāb ṣūrat al-Arḍ, yang tersimpan di Perpustakaan Universitas Strasbourg. Terjemahan Latinnya tersimpan di Biblioteca Nacional de España di Madrid. Judul lengkap buku beliau adalah Buku Pendekatan Tentang Dunia, dengan Kota-Kota, Gunung, Laut, Semua Pulau dan Sungai, ditulis oleh Abu Ja’far Muhammad bin Musa al-Khawarizmi berdasarkan pendalaman geografis yamg ditulis oleh Ptolemeus dan Claudius.
Buku ini dimulai dengan daftar bujur dan lintang, termasuk “Zona Cuaca”, yang menulis pengaruh lintang dan bujur terhadap cuaca. Oleh Paul Gallez, dikatakan bahwa ini sanagat bermanfaat untuk menentukan posisi kita dalam kondisi yang buruk untuk membuat pendekatan praktis. Baik dalam salinan Arab maupun Latin, tak ada yang tertinggal dari buku ini. Oleh karena itu, Hubert Daunicht merekonstruksi kembali peta tersebut dari daftar koordinat. Ia berusaha mencari pendekatan yang mirip dengan peta tersebut.
4.Buku 4 - Astronomi
Kampus Corpus Christi
MS 283
Buku Zīj al-sindhind (Arab: زيج "tabel astronomi”) adalah karya yang terdiri dari 37 simbol pada kalkulasi kalender astronomi dan 116 tabel dengan kalenderial, astronomial dan data astrologial sebaik data yang diakui sekarang.
Versi aslinya dalam Bahasa Arab (ditulis 820) hilang, tapi versi lain oleh astronomer Spanyol Maslama al-Majrīṭī (1000) tetap bertahan dalam bahasa Latin, yang diterjemahkan oleh Adelard of Bath (26 Januari 1126). Empat manuskrip lainnya dalam bahasa Latin tetap ada di Bibliothèque publique (Chartres), the Bibliothèque Mazarine (Paris), the Bibliotheca Nacional (Madrid) dan the Bodleian Library (Oxford).
Buku Zīj al-sindhind (Arab: زيج "tabel astronomi”) adalah karya yang terdiri dari 37 simbol pada kalkulasi kalender astronomi dan 116 tabel dengan kalenderial, astronomial dan data astrologial sebaik data yang diakui sekarang.
Versi aslinya dalam Bahasa Arab (ditulis 820) hilang, tapi versi lain oleh astronomer Spanyol Maslama al-Majrīṭī (1000) tetap bertahan dalam bahasa Latin, yang diterjemahkan oleh Adelard of Bath (26 Januari 1126). Empat manuskrip lainnya dalam bahasa Latin tetap ada di Bibliothèque publique (Chartres), the Bibliothèque Mazarine (Paris), the Bibliotheca Nacional (Madrid) dan the Bodleian Library (Oxford).
5.Buku 5 - Kalender
Yahudi
Al-Khawārizmī juga
menulis tentang Penanggalan Yahudi (Risāla fi istikhrāj tarīkh al-yahūd
"Petunjuk Penanggalan Yahudi"). Yang menerangkan 19-tahun
siklus interkalasi, hukum yang mengatur pada hari apa dari suatu minggu bulan
Tishrī dimulai; memperhitungkan interval antara Era Yahudi(penciptaan Adam) dan
era Seleucid ; dan memberikan hukum tentang bujur matahari dan bulan menggunakan
Kalender Yahudi. Sama dengan yang ditemukan oleh al-Bīrūnī dan Maimonides.
Karya lainnya
Beberapa manuskrip Arab di Berlin, Istanbul,
Tashkent, Kairo dan Paris berisi pendekatan material yang berkemungkinan
berasal dari al-Khawarizmī. Manuskrip di Istanbul berisi tentang sundial, yang
disebut dalam Fihirst. Karya lain, seperti determinasi arah Mekkah adalah salah
satu astronomi sferik
Dua karya berisi tentang pagi (Ma’rifat sa’at al-mashriq fī kull balad) dan determinasi azimut dari tinggi (Ma’rifat al-samt min qibal al-irtifā’).
Beliau juga menulis 2 buku tentang penggunaan dan perakitan astrolab. Ibnu al-Nadim dalam Kitab al-Fihrist (sebuah indeks dari bahasa Arab) juga menyebutkan Kitāb ar-Ruḵāma(t) (buku sundial) dan Kitab al-Tarikh (buku sejarah) tapi 2 yang terakhir disebut telah hilang.
Dua karya berisi tentang pagi (Ma’rifat sa’at al-mashriq fī kull balad) dan determinasi azimut dari tinggi (Ma’rifat al-samt min qibal al-irtifā’).
Beliau juga menulis 2 buku tentang penggunaan dan perakitan astrolab. Ibnu al-Nadim dalam Kitab al-Fihrist (sebuah indeks dari bahasa Arab) juga menyebutkan Kitāb ar-Ruḵāma(t) (buku sundial) dan Kitab al-Tarikh (buku sejarah) tapi 2 yang terakhir disebut telah hilang.
Pengaruh Karya Algebra
Ahli matematika pada masa Al-Khwarizmi dan saat ini
memberi opini tentang Algebra, antara lain Ibnu Turk, Thabit ibn
Qurra, al-Sidnani, Sinan ibn al-Fath, Abu Kamil dan Abu al-Wafa al-Buzjani.
Karya Algebra juga populer di Barat pada awal abad XII ketika para
pelajar Eropa mulai menerjemah dari bahasa Arab ke bahasa Lain, seperti Johannes
Hispalensis (fl.1140), Gherardo of Cremona (1114 – 1187), Adelard of Bath
(fl.1120) dan Robert of Chester (fl.1150).
Robert Bacon (1214 – 1294) dan Vincent de Beauvais
(sekitar 1275) menjadikan karya Al-Khwarizmi sebagai referensi dan mengambil
beberapa istilah yang ditemukan di buku itu, demikian pula Albertus Magnus
(1208 – 1280) mengacu tabel yang ditulis Al-Khwarizmi. Sejarawan F. Woepcke
menyebut bahwa Leonardo Fibonacci mengutip model Al-Khwarizmi untuk contoh soal
tapi sebagian dari kasus tersebut kemungkinan berasal dari Abu Kamil, tokoh
dimana Fibonacci mengutip sebagian masalah dalam aljabar.
Buku Algebra memberi kesan mendalam pada
karya Regiomontanus (1436 – 1476), tidak saja mengacu pada akar quadrat (ars
rei et census) tetapi juga menggunakan teknik pengungkapan tertentu; ’restaurare
defactus’ sebagai suatu contoh, dengan cara sama yang persis dengan
pemahaman dalam aljabar. Karpinski mencantumkan, kopi naskah Algebra yang
ditampilkan dalam kumpulan tulisan Plimpton menyerupai tulisan tangan dan
pemakaian singkatan yang digunakan Regiomontanus (Johannes Mueller). Bahwa
pengarus karya Al-Khwarizmi sangat besar pada naskah negara-negara Barat dan
Latin yang terlihat pada format tulisan dasar-dasar aljabar yang dipelajari di
Eropa Setelah al-Khawarizmi meninggal,
keberadaan karyanya beralih kepada komunitas Islam. Yaitu, bagaimana cara:
menjabarkan bilangan dalam sebuah metode perhitungan, termasuk dalam bilangan
pecahan; suatu penghitungan Aljabar yang merupakan warisan untuk menyelesaikan
persoalan perhitungan dan rumusan yang lebih akurat dari yang pernah ada
sebelumnya.
Di dunia
Barat, Ilmu Matematika lebih banyak dipengaruhi oleh karya al-Khawarizmi
dibanding karya para penulis pada Abad Pertengahan. Masyarakat modern saat ini
berhutang budi kepada seorang al-Khawarizmi dalam hal penggunaan bilangan Arab.
Notasi penempatan bilangan dengan basis 10, penggunaan bilangan irrasional dan
diperkenalkannya konsep Aljabar modern membuatnya layak menjadi figur penting
dalam bidang Matematika dan revolusi perhitungan di Abad Pertengahan di daratan
Eropa. Dengan penyatuan Matematika Yunani, Hindu dan mungkin Babilonia.
Akan
tetapi, hitungan seperti itu tidak mendapat sambutan dari kalangan ilmuwan
Barat ketika itu, dan mereka lebih tertarik untuk mempergunakan raqam al-binji
(daftar angka Arab, termasuk angka nol), hasil penemuan al-Khawarizmi. Dengan
demikian, angka nol baru dikenal dan dipergunakan orang Barat sekitar 250 tahun
setelah ditemukan al-Khawarizmi. Dari beberapa bukunya, al-Khawarizmi mewariskan
beberapa istilah matematika yang masih banyak dipergunakan hingga kini. Seperti
sinus, kosinus, tangen dan kotangen.
Karya-karya
al-Khawarizmi di bidang matematika sebenarnya banyak mengacu pada tulisan
mengenai aljabar yang disusun oleh Diophantus (250 SM) dari Yunani. Namun,
dalam meneliti buku-buku aljabar tersebut, al-Khawarizmi menemukan beberapa
kesalahan dan permasalahan yang masih kabur. Kesalahan dan permasalahan itu
diperbaiki, dijelaskan, dan dikembangkan oleh al-Khawarizmi dalam karya-karya aljabarnya.
Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan apabila ia dijuluki ”Bapak Aljabar.”
Bahkan,
menurut Gandz, matematikawan Barat dalam bukunya The Source of al-Khawarizmi’s
Algebra, al-Khawarizmi lebih berhak mendapat julukan “Bapak Aljabar”
dibandingkan dengan Diophantus, karena dialah orang pertama yang mengajarkan
aljabar dalam bentuk elementer serta menerapkannya dalam hal-hal yang berkaitan
dengannya.
Di bidang
ilmu ukur, al-Khawarizmi juga dikenal sebagai peletak rumus ilmu ukur dan
penyusun daftar logaritma serta hitungan desimal. Namun, beberapa sarjana
matematika Barat, seperti John Napier (1550–1617) dan Simon Stevin (1548–1620),
menganggap penemuan itu merupakan hasil pemikiran mereka.
Selain
matematika, Al-Khawarizmi juga dikenal sebagai astronom. Di bawah Khalifah
Ma’mun, sebuah tim astronom yang dipimpinnya berhasil menentukan ukuran dan
bentuk bundaran bumi. Penelitian itu dilakukan di Sanjar dan Palmyra. Hasilnya
hanya selisih 2,877 kaki dari ukuran garis tengah bumi yang sebenarnya. Sebuah
perhitungan luar biasa yang dapat dilakukan pada saat itu. Al-Khawarizmi juga
menyusun buku tentang penghitungan waktu berdasarkan bayang-bayang matahari.
Buku
astronominya yang mahsyur adalah Kitab Surah al-Ard (Buku Gambaran Bumi). Buku
itu memuat daftar koordinat beberapa kota penting dan ciri-ciri geografisnya.
Kitab itu secara tidak langsung mengacu pada buku Geography yang disusun oleh
Claudius Ptolomaeus (100–178), ilmuwan Yunani. Namun beberapa kesalahan dalam
buku tersebut dikoreksi dan dibetulkan oleh al-Khawarizmi dalam bukunya Zij
as-Sindhind sebelum ia menyusun Kitab Surah al-Ard.
Selain
ahli di bidang matematika, astronomi, dan geografi, Al-Khawarizmi juga seorang
ahli seni musik. Dalam salah satu buku matematikanya, ia menuliskan pula teori
seni musik. Pengaruh buku itu sampai ke Eropa dan dianggap sebagai perkenalan
musik Arab ke dunia Latin. Dengan meninggalkan karya-karya besarnya sebagai
ilmuwan terkemuka dan terbesar pada zamannya, Al-Khawarizmi meninggal pada 262
H/846 M di Baghdad.
BAB
III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Sepeninggal
Al-Khwarizmi, keberadaan karyanya beralih kepada komunitas Islam termasuk cara
menjabarkan bilangan dalam metode perhitungan, bilangan pecahan; pengetahuan
aljabar yang merupakan suatu warisan untuk menyelesaikan persoalan perhitungan;
dan rumusan lebih akurat dari yang pernah ada sebelumnya.Di dunia Barat,
ilmu matematika lebih banyak dipengaruhi oleh karya Al-Khwarizmi dibanding
karya penulis abad pertengahan. Masyarakat modern saat ini berhutang budi pada
Al-Khwarizmi dalam hal penggunaan bilangan Arab. Notasi penempatan bilangan
dengan basis 10, penggunaan bilangan irasional, dan diperkenalkannya konsep
aljabar modern membuatnya layak jadi figur penting dalam bidang matematika di
abad pertengahan. Sistem bilangan Arab yang diperkenalkannya membawa perubahan
dalam komposisi dan karakteristik matematika dan revolusi proses perhitungan di
abad pertengahan Eropa. Dengan penyatuan matematika Yunani, Hindu dan mungkin
Babylonia, teks aljabar merupakan salah satu karya Islam di jagat dunia.
Disamping itu kita juga tidak melupakan karyanya yang lain, seperti huruf-huruf
aljabar, algoritma, penemuan notasi angka nol, nilai akar bilangan merupakan
bukti peran Al-Khwarizmi mengembangkan pengetahuan tentang perhitungan.
B.
SARAN
Ø Syukur
alhamdulillah pada Allah SWT yang telah memberikan kekuatan sehingga penyusun
dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik walupun masih ada kekurangan dan
tentunya masih jauh dari harapan, oleh karena itu penyusun sangat mengharapkan
kritik dan saran yang membangun, serta arahan dan bimbingan dari semua pihak,
terutama Dosen.
Ø Semoga makalah
ini akan bermanfaat bagi para pembaca, baik bagi siswa,orang tua,guru dan
masyarakat.Jika yang membaca adalah seorang mahasiswa, hendaknya ia mengetahui
dan mempelajari tugas-tugas perkembangan dengan baik serta dapat
menerapkannya.Jika orang tua, hendaknya ia dapat mengontrol tugas-tugas
perkembangan anak yang belum diselesaikan dan membimbing, mengarahkan serta
mengantarkan ke arah yang positif.Orang tua dan guru membantu menyelesaikan
tugas perkembangan sehingga mencapai tingkat sempurna.
DAFTAR
PUSTAKA
Dikutip fdka dari buku ”Matematikawan Muslim
Terkemuka”, Mohaini Mohamed, Salemba Teknika, Jakarta, 1991:16-41).
Insyaallah menyusul biografi Ibn Al-Haytham, Al-Biruni
Tidak ada komentar:
Posting Komentar